Kepala BPIP Resmikan Perpustakaan Al-Hidayah ‘BALDAH NUSANTARA’

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D didampingi Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP Ir. Prakoso, M.M. meresmikan Perpustakaan Al-Hidayah ‘BALDAH NUSANTARA’ di Pondok Pesantren Islam Terpadu (PPIT) Al-Hidayah, Sidodadi, Kejuruan Muda, Aceh Tamiang, Aceh. Minggu (10/03/2024).

Kunjungan ke Pondok Pesantren ini mengingatkan Kepala BPIP pada masa kecilnya yang juga sempat menimba ilmu di Pondok Pesantren daerah Pacitan dan Yogyakarta.

“Di Pondok Pesantren, banyak hal-hal baru yang dipelajari. Karena Pondok Pesantren-lah, Saya kemudian bisa melanjutkan studi di IAIN Sunan Kalijaga, dan Universitas Gadjah Mada sebelum menjadi Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,” terangnya.

Maka dari itu, Kepala BPIP mengingatkan akan hebatnya ideologi negara Indonesia yaitu, Pancasila kepada para pelajar di Pondok Pesantren Al-Hidayah.

“Ideologi Pancasila adalah dasar negara yang menjadi alasan diproklamasi-kan kemerdekaan Indonesia yang sudah terjajah selama 430 tahun sejak jatuhnya kerajaan Malaka dan kerajaan Ternate, berbeda dengan Amerika yang kemerdekaannya diperoleh dengan bantuan negara Spanyol dan Prancis dalam melawan negaranya sendiri,” jelas Prof Yudian.

Secara konstitusional, semua Warga Negara Indonesia berhak menjadi Gubernur, Menteri, bahkan Presiden sekalipun dengan cara mengaktualisasikan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Peristiwa Rengasdengklok terjadi ketika para orangtua mendengarkan saran anak muda dalam memproklamasikan kemerdekaan saat terjadi kekosongan kekuasaan, sehingga peristiwa tersebut mengajarkan nilai Pancasila yang patut dicontoh bagi para adik-adik sekalian,” tambahnya.

Kemudian, Yakimin selaku Ketua Yayasan PPIT Al Hidayah turut mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kepala BPIP ke pondok pesantrennya.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami selaku pengurus yayasan yang dapat menjalin silaturahmi dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, semoga kita terus saling bahu-membahu dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.” ucap Yakimin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Laznas Wiz Beri Santunan Pada Marbut Masjid di Kolaka
Next post Omzet Jaringan Judi online yang Digerebek di Batam capai Rp 2,2 M Per Bulan