Hasil Pilpres di Sulbar: Prabowo-Gibran Menang Telak dengan 533.757 Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat (Sulbar), telah menyelesaikan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat provinsi. Hasil Pilpres, pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenangkan suara di Sulbar.
Rapat rekapitulasi tersebut digelar di Hotel Srikandi dan Wisma Malaqbi yang berlangsung selama 8 hari, dimulai 2 hingga 9 Maret 2024. Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Sulbar, Prabowo-Gibran memperoleh 533.757 suara.

Sementara paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berada di posisi kedua dengan mendulang 223.153 suara. Lalu paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapat 62.514 suara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Selama proses rekap tak ada masalah yang dimunculkan terkait dengan hasil pemilu. Yang muncul hanya persoalan penggunaan hak pilih, kemudian data pemilih, DPT, DPTb maupun DPK. Termasuk penggunaan surat suara dan beberapa prosedur yang terjadi di lapangan,” ujar Ketua KPU Sulbar Said Usman Umar dalam keterangannya, Minggu (10/3/2024).

Menurutnya, dari proses rekapitulasi yang dilalui selama 8 hari, pihaknya telah mendetailkan masalah-masalah yang terjadi di lapangan. Di antaranya terkait persoalan pemungutan suara ulang (PSU), kemudian perbedaan data pemilih hingga masalah lainnya.

ADVERTISEMENT
“Hasil rekapitulasi tentu akan menjadi hal yang akan kita bawa di prosesi rekap nasional, mudah-mudahan saja proses yang akan kita lalui berjalan dengan baik,” ucapnya.

Baca juga:
Pegawai KPU Mateng Meninggal di Kamar Hotel Saat Agenda Rapat Pleno Terbuka
Dia melanjutkan, tahapan rekapitulasi di tingkat nasional, dimulai sejak tanggal 22 Februari sampai 20 Maret 2024.

“Mudah-mudahan setelah ini kita akan laporkan hasil dan menunggu jadwal yang diberikan KPU RI kepada kita semua,” tutupnya.

Hasil rekapitulasi Pilpres di KPU Sulbar:

1. Anies-Muhaimin: 223.153 suara
2. Prabowo-Gibran: 533.757 suara.
3. Ganjar-Mahfud: 62.514 suara.

Suara sah: 819.424 suara
Suara tidak sah: 12.645 suara
Total suara sah dan tidak sah: 832.069 suara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Situs Kemenko Perekonomian Kena Retas, ‘Disusupi’ Promosi Judi Online
Next post Laznas Wiz Beri Santunan Pada Marbut Masjid di Kolaka