Kejuaraan Renang Master Kembali Digelar di Indonesia, Puluhan Perenang Berusia 80 Tahun Ikutan

Kejuaraan Renang Master Kembali Digelar di Indonesia, Puluhan Perenang Berusia 80 Tahun Ikutan

Kejuaraan Renang Master short course bertajuk 2nd Kalila Master Swimming Championship 2024 bakal digelar di Kolam Renang Nika di Bintaro pada Minggu 19 Mei 2024. Jumlah peserta meningkat pesat dan akan diikuti perenang master dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Untuk diketahui Renang Master adalah lomba renang yang diikuti mulai usia 25 tahun hingga 84 tahun, peserta tertua yang mendaftar. Kolam renang Nika punya keistimewaan semi indoor dengan atap yang memiliki lima lintasan.

“Kita berusaha menggelar event Nika master setiap tahunnya. Dan jumlah peserta tahun ini meningkat dua kali lipat dari tahun lalu, bahkan ada peserta dari luar negeri Malaysia dan Singapura. Juga ada beberapa kota seperti Bandung dan Jawa Tengah,” ujar penggagas Nika Masters, Harlin E. Rahardjo.

Pada ajang renang master ini peserta yang akan ikutan melonjak 200 persen. Jika tahun lalu pesertanya 125, tahun ini mencapai 220 peserta. Perenang tertua yang ikutan adalah Kartini Sapardjiman berusia 84 tahun di sektor putra dan juga Rahardjo berusia 84 tahun.

Turut hadir dalam press conference Zoraya Perucha, Agus Harianto, Dieter Machate, Dokter Benhart Hutabarat, Kartini Sapardjiman, Anita Sapardjiman, Gadiza Volare, Rara Nastiti.


Program Akuatik Indonesia

Ditambahkan renang masters merupakan salah satu wujud program Akuatik Indonesia yang ingin menggalakan Ayo Berenang. Renang master punya moto fit, fun & friendship.

“Awalnya saya rajin berenang, karena tuntutan pekerjaan jadi berkurang olahraganya sehingga saya sempat kena serangan jantung. Setelah operasi ada tiga ring, saya kemudian berenang kembali dan dokter bilang jantung saya membaik. Saya juga ikutan Nika Master karena kolamnya 25 meter,” jelas Zoraya Perucha yang berusia 67 tahun.


Pertandingkan 14 Nomor

“Saya berusia 84 tahun dan akan selalu mensuport renang 100 persen, karena renang melatih saya mandiri dalam segala hal kehidupan,” jelas Kartini Sapardjiman yang menjadi peserta tertua dalam event ini.

Selain Kartini ada 10 perenang lainnya yang berusia 80 tahun keatas.

Selain renang, dalam event ini juga ada eksebisi renang artistic dan juga aquarobics yang dipandu Gadiza Volare.

“Aquarobic ini senam di dalam air ini membantu persendian melatih otot dan lainnya dengan olahraga di dalam air,” papar Gadiza Volare.

Dalam 2nd Kalila Nika Master Swimming Championship di kolam 25 meter ada 14 nomor yang dipertandingkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kevin Sanjaya Pensiun dari Bulu Tangkis, Deretan Artis Ini Beri Dukungan di Tengah Kesedihan Fans Sang Atlet Previous post Kevin Sanjaya Pensiun dari Bulu Tangkis, Deretan Artis Ini Beri Dukungan di Tengah Kesedihan Fans Sang Atlet
Next post Jakarta Livin’ Mandiri Sukses Gasak Bank bjb Tandamata di PLN Mobile Proliga 2024